Hal yang membuat profesi blogger kurang menjanjikan

Hal yang membuat profesi blogger kurang menjanjikan

Menjadi salah satu pekerjaan yang sudah biasa dan dikenali banyak orang? Blogger, salah satu pekerjaan lepas atau istilah keren ya freelance job ini pasti sudah tidak asing lagi kan? Banyak orang mencoba pekerjaan ini, dari berbagai kalangan namun dengan tingkat keberhasilan yang rendah. 

Data menunjukan, memang seseorang yang mempunyai blog, atau orang yang berprofesi sebagai blogger baik sampingan maupun jadi yang utama, telah mengalami peningkatan akhir akhir ini. Dibalik biaya modal yang terjangkau, dan bisa dikerjakan sambil rebahan ini umumnya memang sudah pasti menjadi pilihan. Hanya saja memerlukan skill dan tingkat kesabaran yang tinggi supaya bisa sukses dalam bisnis ini. 


Para Blogger baru telah mengalami peningkatan jumlah, namun dibalik itu semua disitulah letak permasalahan nya. Kamu harus tau, beberapa orang tidak menyadari bahwa google terus meningkatkan algoritma yang mempersulit v blogger yang masih awam dan sangat baru untuk bisa berkembang menjadi besar. 

Muncul lah yang disebut dengan persaingan kerja, sama halnya dengan dunia nyata, secara otomatis persaingan di dalam dunia blogger ini juga semakin ketat dan amat sangat susah, google pun sebenarnya hanya mengikuti alur dan melakukan penyesuaian terhadap kuantitas blogger diseluruh dunia dengan cara membuat nerf atau penurunan kekuatan suatu blog untuk bisa menggapai keberhasilan, artinya tingkat kesulitan semakin tinggi bagi blogger baru. 

Yang dimaksud kekuatan disini adalah beberapa aspek pendukung seperti lama indeks, posisi mesin pencari, kecepatan perayapan (crawl) dan lain lain tidak akan secepat blog yang sudah maju. Karena pengindekan adalah salah satu faktor penentu suatu artikel mendapatkan posisi yang bagus atau tidak di google, karena jika posisi artikel anda berada dibawah tentunya kesempatan di klik akan semakin rendah bahkan tidak ada sama sekali. 

Seorang blogger akan mendapatkan penghasilan dari iklan, tidak ada pengunjung artinya tidak ada yang melihat iklan. Itulah sebabnya blog dengan pengunjung yang kecil sangat jarang sekali mendapatkan persetujuan dari salah satu jaringan iklan terbesar yaitu google adsense

Masih bingung ya? Kalau begitu mari kita bahas secara rinci dengan daftar klasifikasi berikut ini 5 hal yang membuat profesi blogger kurang menjanjikan menurut whaffers! Apa saja? Berikut penjelasan nya. 


1. Persaingan semakin tinggi


Seperti yang saya katakan sebelumnya, tentang jumlah blogger dan pengaruh nya terhadap persaingan, pada dasarnya memang bukan hal yang tidak mungkin kalau kita berhasil menduduki puncak dan menjadi salah satu blogger yang sukses, dalam hal ini setidaknya memiliki penghasilan. 

Namun harus saya akui menurut pengalaman pribadi, membangun sebuah blog dari nol itu seperti membangun istana sendiri. Tapi gak gitu juga sih, maksudnya gak segampang membalikan telapak tangan, membutuhkan waktu, pemikiran dan kesabaran yang bukan main. Mengingat persaingan yang sudah tidak masuk akal karena jumlah blogger sangat banyak dan semuanya berlomba lomba menduduki posisi satu di mesin pencari Google. 

Jujur saja, saya pun sudah 6 tahun sejak awal membangun blog ini, dan selalu kalah dengan pesaing dengan kategori atau niche yang sama, apalagi blog gado gado seperti ini dengan topik campuran, pastinya susah dikenali oleh pembaca maupun digemari oleh google. 

Rata rata memang orang Indonesia, mempunyai blog dengan yang berbahasa Indonesia, ya tentunya bersaing nya dengan blog berbahasa indonesia pula, lain lagi dengan blog berbahasa Inggris dengan potensi jangkauan hampir seluruh dunia, bukan main lagi bos hampir mustahil mengalahkan blogger tingkat dunia dengan kekuatan tinggi, pasti nya mereka punya teknik rahasia tertentu supaya bisa mengalahkan blogger internasional lain, bahkan artikel nya bisa sangat panjang, lengkap dan sangat rumit serta berbobot. 


2. Update algoritma Google tidak menguntungkan


Salah satu hal yang tentunya tidak menguntungkan bagi blogger baru adalah adanya pembaruan atau update google yang secara berkala dan beberapa diantaranya terkesan mempersulit blogger yang masih kecil dan apalagi baru. Ini merupakan salah satu dampak yang diakibatkan tingkat persaingan dan jumlah blogger yang terlalu banyak seperti yang disebutkan sebelum nya. Entah apa jadinya jika rata rata pembaca blog sudah jadi blogger semua! Apa jadinya, mungkin akan dapat pembaca jika semua nya blogger. Ibarat nya begini, jika semua adalah penjual lalu siapa yang akan menjadi pembeli. Nah, itulah yang terjadi di alam blogger sekarang berdasarkan apa yang saya rasakan saat ini. 


Bisa dibuktikan dengan jumlah pencarian yang selalu didominasi oleh blog raksasa dengan kecepatan index tingkat dewa seperti tribunnews, BBC, detikcom, jalantikus dan lain lain selalu muncul dipencarian utama walaupun artikel nya sedikit, banyak, akurat atau tidak akurat tetap saja rata rata nangkring di posisi satu, bahkan sampai ada yang geram dan melakukan hack kepada salah satu webiste besar tersebut, seperti yang ramai diperbincangkan pada masa itu. 

Mereka blog raksasa sudah memiliki integritas, backlink, dan keterikatan dengan Google, sama halnya dengan perusahaan, website ini mempunyai tim sukses masing masing seperti perusahaan. Berbeda dengan kita, kuat kah melawan satu perusahaan dengan modal pisang? Tentu saja tidak.

 Namun ada titik terang nya, apa yang tidak mereka jual maka itu akan jadi milik kita, maka dari itu jual sesuatu yang berbeda dari yang perusahaan itu produksi, buatlah suatu artikel yang tidak pernah dibuat sebelumnya yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya dan justru banyak dicari orang. Maka disitulah peluang kalian usaha berhasil. 


3. Index atau perayapan yang amat sangat lama dan lambat


Nih, ada suatu hal yang harus kamu tahu khususnya yang masih awam banget dan belum mengerti apa apa tentang blogger. Kita sebagai blogger membutuhkan pembaca, kita berbagi informasi yang mereka butuhkan untuk dibaca, pertanyaan bagaimana artikel yang kita sampaikan dibaca kalau mereka saja tidak bisa menemukan nya? 

Kamu harus paham betul tentang hal ini, bahwa supaya artikel kamu ada yang baca ya tentunya harus mudah ditemukan oleh orang, dan satu hal yang dapat membuat hal ini terjadi yaitu Google nya sendiri. Setiap kali kita membuat artikel itu, Google perlu merayapi dan menelaah setiap isi dari artikel kita sebelum dapat ditampilkan di mesin pencari. Perbedaan inilah yang akan dirasakan blog baru vs blog raksasa (kuat). 

Blog baru cenderung memiliki tingkat perayapan yang lambat, hal yang akan membuat artikel anda kalah dengan pesaing, karena pesaing sudah lebih dulu dirayapi artikel nya sebelum kamu, pesaing sudah mendapatkan pembaca sementara kamu belum, pesaing sudah membuat artikel baru kamu belum.

 Jika kamu tidak melakukan loncatan maka tidak akan pernah sempat mendapatkan posisi yang bagus di mesin pencari. Sedangkan pesaing kamu yang sudah mendapat kunjungan pembaca justru akan semakin kuat dan cepat perayapan nya, begitulah kira kira kejam nya persaingan antara blogger satu dengan yang lainnya. 


4. Kesempatan kecil, membangun blog susah


Kita berbicara soal kesempatan dan tingkat keberhasilan blog pemula. Walaupun sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin selagi masih bisa berusaha dan melakukan yang terbaik. Tapi tidak ada salah nya jika kita jujur dan sesekali pesimis dan memikirkan kembali tentang resiko waktu yang terbuang dan kerugian lainya. 

Jadi gini, kita itu harus membangun blog dengan penuh kesabaran dan sedikit demi sedikit, jika kalian pikir membangun blog itu maksudnya membuat artikel saja, anda salah besar. 

Kalian bukan cuman harus punya skill menulis saja tetapi juga harus bisa mencapai tingkat jago, segala macam seluk beluk tentang blogger, misalnya SEO on-page, SEO off-page, backlink, JavaScript, tema blog, cara menghias template, mengotak ngatik dan lain lain. Dengan begitu peluang anda menyaingi blog raksasa akan semakin dekat, setidaknya kita tau apa itu blog dan bagaimana cara iya dibangun dan dikembangkan. 

Kesempatan kecil, maksudnya bukan tidak sama sekali, artinya memang masih ada kesempatan walaupun itu hanya sebesar biji jembut. Membangun blog seperti membangun istana, kamu harus menyiapkan tiang, genteng, batu bata, semen dan segala macam ibarat nya. Namun kemabli lagi, memang semuanya tergantung kepada Anda, tergantung seberapa besar niat kita. Jika memang sudah bertekad yang bukan tidak mungkin. 


5. Tentang penghasilan menjadi blogger yang harus anda ketahui


Inilah yang membuat seseorang semakin penasaran tentang pekerjaan yang satu ini. Siapa sih yang tidak membutuhkan uang, hampir semua orang membuat blog dan artikel serta membagikan pengalaman nya melalui tulisan yang membuat informasi dan bisa bermanfaat bagi pembaca, itu semua adalah salah satu usaha untuk mendapatkan uang. 

 Iya, kalau ibarat nya seorang dokter yang akan menyelematkan nyawa atau membuat pasien nya sehat dengan obat nya tapi tetap memerlukan bayaran bukan? Tentu begitu pula dengan blogger, mereka mencari informasi, membuat cerita, berbagi pengalaman dan sampai dibaca hingga jutaan orang itu tidak akan ada kalau tidak ada bayaran yang menguntungkan mereka, karena bayaran adalah satu penggerak hampir semua bidang pekerjaan kalau bukan karena kebutuhan dan biaya hidup. 

Berbicara secara dramatis, sebenarnya penghasilan dari blogger apalagi bagi pemula sangat jauh dari kata besar, tak khayal banyak dari mereka susah payah membuat blog tapi kecewa dengan penghasilan nya yang sedikit. Yang menentukan penghasilan memang lah bergantung pada jumlah pengunjung blog kalian, dilanjutkan dengan pengaruh topik bahasan blog dan bahasa. Memang untuk niche bahasa Indonesia ini sangat kecil sekali pendapatan iklan nya dibandingkan dengan blog bule atau blog dengan konten bahasa inggris. 

Oleh karena itu, admin sudah menyimpulkan secara pesimis bagaimana profesi blogger itu kurang menjanjikan, bukan cuman itu saja loh, kalian tuh juga harus mendaftarkan blog kalian ke google adsense, salah satu jaringan iklan yang kita bahas sebelumnya di awal paragraf. Namun itu kembali lagi kepada Anda dan minat anda, jika kalian suka dan tertarik ataupun merasa tertantang, ya apa salah nya mencoba



4 komentar

  1. iya sih, persaingan makin keras terus harus berjuang bersaing apalagi saingannya seperti tribun

    BalasHapus
  2. Sekarang makin susah😭

    BalasHapus

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader